Istri TKBM dan Warga Sekitar Pelabuhan Teluk Bayur Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

man-headphones

CN, Padang - Istri Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), istri tenaga kebersihan pelabuhan serta ibu-ibu masyarakat sekitar Pelabuhan Teluk Bayur mengikuti Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan IPC Terminal Petikemas/IPC TPK.

Pelatihan kewirausahaan dilaksanakan di Hokky Cooking Course, Padang Barat, Kota Padang ini merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan IPC TPK dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan TKBM, tenaga kebersihan dan masyarakat ring 1 disekitar Pelabuhan Teluk Bayur serta menumbuhkan pelaku UMKM baru di Kota Padang.

“IPC TPK berupaya mendorong peningkatan kesejahteraan warga ring 1 sekitar pelabuhan diseluruh area kerja dengan peningkatan kapabilitas melalui pelatihan memasak,” ungkap Direktur Utama IPC Terminal Petikemas, Guna Mulyana, Jumat (7/6/2024).

Kali ini 20 orang ibu rumah tangga diberikan keterampilan membuat kue sehingga dapat merintis peluang usaha dari rumah dan menambah pemasukan untuk keluarga.

Kota Padang menjadi tempat ke 3 dilaksanakannya Program TJSL Pelatihan Kewirausahaan IPC TPK setelah sebelumnya pada 2022 diselenggarakan di wilayah IPC TPK Tanjung Priok, Jakarta dan tahun 2023 di wilayah IPC TPK Panjang, Lampung. Program ini sejalan dengan salah satu dari 13 Program TJSL Strategis Pelindo Group yang ditetapkan oleh Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bidang Ekonomi dan UMK yaitu program Pemberdayaan UMK – Maritimepreneur. 

Program ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs 4.3.1. yaitu tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin.

Pelaksanaan Pelatihan Kewirausahaan melibatkan lembaga pelatihan yang telah berpengalaman bidang kuliner di Kota Padang Hokky Cooking Course untuk memberikan pelatihan membuat kue yang banyak diminati masyarakat seperti lapis surabaya, brownies panggang dan roll cake. Tidak sebatas keterampilan saja, peserta diberikan juga pembekalan berupa penyajian kemasan, pemilihan bahan hingga penetapan harga.

Peserta antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan dengan tema Membuka Peluang Usaha dari Rumah. Suci salah satu peserta menuturkan bahwa sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini karena ilmu bertambah, pengalaman bertambah, juga menambah teman baru. Kami tidak hanya diajarkan cara membuat kue, tapi juga bagaimana mengemasnya dengan menarik agar bisa dijual dan menambah penghasilan.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut dapat memberikan peluang usaha baru untuk para peserta dan bisa menumbuhkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) disekitar Area kerja IPC TPK,” pungkas Guna.

Terpopuler

To Top