Antisipasi Lonjakan Penumpang ke Bali, KAI Operasionalkan KA Mutiara Timur

man-headphones

CN, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasar Turi - Ketapang pp untuk long weekend Hari Raya Idul Adha yakni mulai tanggal 15 s.d 19 Juni 2024.

“Beroperasinya kembali KA Mutiara Timur untuk mengantisipasi tingginya animo pelanggan pada momen liburan Hari Raya Idul Adha, termasuk pelanggan yang ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali menggunakan kereta api hingga Ketapang, Kab. Banyuwangi,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Sabtu (15/6/2024).

Selama libur long weekend tersebut, KA Mutiara Timur akan beroperasi dengan rangkaian 2 kereta kelas eksekutif dan 5 kereta kelas ekonomi new generation versi modifikasi dengan total kapasitas sebanyak 456 tempat duduk.

Berdasarkan pantauan pada Sabtu (15/6), KAI mencatat total tiket kereta api yang terjual pada Kamis (13/6) s.d Selasa (18/6) yaitu sebanyak 810.579 tiket, atau 87,8 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual sebanyak 923.503 tiket. Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring dengan berlangsungnya masa long weekend.

“KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur hari raya Idul Adha dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” ungkap Joni.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan. 

Rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Blitar - Bandung pp, dan relasi lainnya.

Joni menambahkan, saat periode long weekend terdapat peningkatan frekuensi KA dan kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, KAI mengimbau kepada masyarakat untuk waspada saat akan melewati perlintasan sebidang. 

“KAI mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api. Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, tengok kanan-kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada,” tutup Joni.

Terpopuler

To Top