Hari Jadi Karanganyar Ke-105, FONI Gelar Festival Sport Tourism Karanganyar 2023

man-headphones

CN, Jawa Tengah - Menyambut hari jadi Kabupaten Karanganyar ke-105, Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI), didukung oleh kemenpora, kemenparekraf, kemenkomarves serta Troi Foundation menyelenggarakan event olahraga wisata yakni World Ranking Event, ASEAN Orienteering League, dan Kejuaraan Nasional Orienteering Indonesia yang akan digelar pada tanggal 19 hingga 22 Oktober 2023 di Lapangan Bener, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Orienteering adalah olahraga menemukan sejumlah lokasi di medan sebenarnya dengan menggunakan peta dan kompas. Di Indonesia olahraga orienteering berada di bawah naungan FONI (Federasi Orienteering Nasional Indonesai).

"Tujuan utama FONI adalah untuk mendorong, mempromosikan, dan mengkoordinasikan olahraga orienteering di Indonesia dan berkolaborasi guna mendorong kemajuan sport tourism pada destinasi-destinasi wisata di Indonesia," demikian diungkapkan Event Koordinator Festival Sport Tourism Karanganyar 2023, Ika Harini, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini diperkirakan akan diikuti peserta lebih dari 400 orang, terdiri dari 300 peserta lokal maupun atlet orienteering nasional. Sementara peserta atau atlet orienteering dari mancanegara ada 100 peserta yang berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Taiwan, Hongkong, Korea Selatan, Tiongkok, dan beberapa negara lainnya.

Lapangan Bener di Tawangmanggu, Karanganyar merupakan pusat kegiatan lomba orienteering, sedangkan Venue Sprint menggunakan kawasan Sewu Kembang, kampung yang memiliki pemandangan yang sangat indah tidak hanya dilihat dari lereng Gunung Lawu saja.

Selain itu, kawasan ini memiliki keindahan dari banyaknya bunga yang tumbuh di halaman rumah warga Desa Nglurah sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara Venue Middle berada di kawasan Hutan Bukit Sekipan yang didalamnya hidup berbagai macam jenis pohon, seperti pohon pinus, pohon cemara, dan pohon kina, sehingga membuat Bukit Sekipan pemandangannya begitu indah dan asri.Untuk lebih detailnya bisa dilihat di website resmi acara ini di http://orienteeringevent.com.

Ika menjelaskan, selain kegiatan lomba orienteering, Festival Sport Tourism Karanganyar 2023 ini juga dimeriahkan berbagai kegiatan lainnya, seperti expo dan bazaar usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia.

"Ada panggung hiburan yang diisi oleh artis lokal dan nasional, lalu ada games dan give away menarik, serta kegiatan olahraga seperti gerak jalan sehat," pungkas Ika.

Terpopuler

To Top